Wakil Walikota : Gigi dan Mulut Aset Kita

495

depokaktual.com – Gigi dan mulut merupakan aset kita. Demikian yang disampaikan Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna saat sambutan dalam acara Gerakan Bebas Karies “Program 21 Hari Sikat Gigi Pagi dan Malam”, yang dilaksanakan dalam rangka World Oral Healthy Day(WOHD) atau Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Dunia Tahun 2016, di SDN Mekarjaya 1, Kecamatan Sukmajaya, Jum’at (18/3/2016),seperti dirilis humas.depok.go.id.
Dalam sambutannya, Wakil Walikota mengatakan bahwa masalah utama kesehatan gigi dan mulut yang paling banyak dijumpai adalah karies gigi dan penyakit periodontal. Masalah tersebut menjadi perhatian yang sangat penting dalam pembangunan kesehatan yang salah satunya disebabkan oleh rentannya usia anak sekolah dari gangguan kesehatan gigi. “usia sekolah merupakan masa untuk meletakkan landasan kokoh bagi terwujudnya manusia yang berkualitas dan kesehatan merupakan faktor penting yang menentukan kualitas sumber daya manusia,” ujar Pradi.
Data menunjukkan 90% dari populasi dunia menderita penyekit mulut dan sebanyak 89% anak Indonesia di bawah 12 tahun menderita penyakit gigi dan mulut. Melalui hal sederhana seperti memelihara dan menjaga kesehatan gigi dan mulut diharapkan akan membentuk karakter manusia yang mampu menjaga kesehatan diri dan lingkungannya.
“Menyikat gigi merupakan salah satu kebiasaan yang harus ditanamkan sebagai gaya hidup sehat sejak masa kanak-kanak,” tutur Pradi. Dirinya menambahkan sikat gigi tidak hanya bertujuan untuk kebersihan gigi, tetapi juga memastikan setiap gigi sehat dan tidak mudah mengalami masalah.
Wakil Walikota juga berharap kegiatan Gerakan Bebas Karies “Program 21 Hari Sikat Gigi Pagi dan Malam”, yang dilaksanakan dalam rangka World Oral Healthy Day (WOHD) atau Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Dunia Tahun 2016, di SDN Mekarjaya 1 ini mampu menyadarkan kita semua akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, terutama bagi anak-anak, calon penerus generasi bangsa, khususnya anak-anak di Kota Depok. Ayo kita jaga kebersihan gigi dan mulut! Sehat mulut kita, sehat badan kita!