Wali Kota Depok Raih Anugerah Dari Koran Sindo

39

Depokaktual.com, Depok – Wali Kota Depok Mohammad Idris mendapatkan anugerah Kepala Daerah Inovatif 2017 dari Koran Sindo. Penghargaan diberikan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pada Selasa (1/8/2017).

Wali Kota yang diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Gerindra ini menyampaikan rasa terima kasihnya atas kepercayaan yang diberikan sebagai Kepala Daerah Inovatif. Menurut Idris, yang dinilai berhasil dilakukan adalah program bank sampah di kota Depok. Program bank sampah yang digalakkan di Kota Depok adalah salah satu program untuk mewujudkan visi zero waste city di kota Depok.

Idris menjelaskan, menurut perhitungan Kementerian Lingkungan Hidup, sampah yang dihasilkan warga Kota Depok mencapai 1.200 ton per hari. Sementara yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) mencapai 780 ton per hari. “Sisanya ini diolah oleh 483 bank sampah dan 30an Unit Pengelolaan Sampah (UPS) di seluruh Depok,” ujar Idris.

Idris menjelaskan, bank sampah di Depok sudah tergabung dengan beberapa asosiasi dan berhasil memasarkan produk pengelolaannya ke distributor hingga pabrik untuk proses daur ulang. “Setiap pekan atau tiap bulan warga yang mengumpulkan bisa mengambil uang di bank sampah, sehingga ada nilai ekonomis,” papar dia.

Selain itu, sampah organik dikelola oleh UPS-UPS menjadi pupuk yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Hasil pengolahan sampah organik di UPS juga dimanfaatkan pengusaha mikro ikan hias setelah diolah sebagai maggot.

“Secara teoretis memang 1.200 ton per hari tapi secara realitas dengan adanya Bank Sampah dan UPS, tidak ada masalah residu sampah di Kota Depok,” papar Idris.

Pemimpi Redaksi Koran Sindo Pung Purwanto mengatakan Wali Kota Depok Mohammad Idris menjadi salah satu kepala daerah yang berhasil melakukan inovasi di bidang lingkungan hidup. Program bank sampah Idris diakui menjadi program yang berdaya. “Salah satu problem di perkotaan adalah sampah, bagaiamana kepala daerah mengatasi sampah jadi hal yang sangat krusial,” ujar Pung.

Bank sampah Depok, papar dia, bisa menggerakkan masyarakat untuk bersih lingkungan sekaligus mendatangkan aspek ekonomi. “Itu inovasi yang kita nilai baik dan bermanfaat di kota Depok,” terang Pung.

Ia menerangkan penghargaan Kepala Daerah Inovatif dilakukan secara tahunan dan dinilai secara periodik dengan menilai dampak program dan inovasi kepala daerah kepada masyarakat. (ding)