Tim Serangan Udara Menjadi Faktor Pemenang dalam Pilkada 2018

44

Depokaktual.com, Jakarta – Tim Media Center atau Tim Serangan Udara dinilai menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan calon Gubernur/Bupati/Walikota dalam Pilkada 2018 nanti. Karena itu, Tim Sukses Kampanye tidak boleh mengabaikan peran media center.

“Pada saat masyarakat semakin melek digital, peranan Tim Media Center sangat strategis untuk kemenangan Pilkada,” kata CEO Indonesia Media Center (IMC) Budi Purnomo Karjodihardjo, di Jakarta, belum lama ini.

Budi bicara secara panjang lebar mengenai struktur Tim Media Center dalam pemenangan Pilkada dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) DPRD Kota Cirebon yang diikuti oleh sekitar 50-an anggota, termasuk Ketua DPRD Edi Suripno S.IP, MSi, dan wakil Ketua DPRD Dra. Hj. Eti Herawati, di Hotel Santika Depok pada Sabtu (26/8/2017).

Budi memiliki pengalaman yang cukup dalam mengelola organisasi Tim Media Center. Dia pernah menjadi Koordinator Media Center Jokowi-Ahok (2012), Koordonator Media Center Rieke-Teten (2013), Koordinator Prabowo Media Center (2014), dan Koordinator Sandiaga Uno Media Center (2016).

Pada saat ini, menurut Budi, adalah momentum yang sangat krisial bagi para Tim Sukses Calon Gubernur /Calon Bupati yang akan mengikuti kontestasi dalam Pilkada 2018, di berbagai daerah di seluruh pelosok tanah air.

“Waktu setahun atau kurang adalah waktu yang terasa pendek untuk melakukan kondolidasi, sosialisasi, dan kampanye bagi para kandidat. Apalagi, jika salah mengambil skala prioritas dalam pola kerja Timses, malah membawa dampak buruk pada hasil akhirnya,” katanya.

Budi menyarakan, jika ingin memenangkan sebuah kontestasi, langkah awal yang harus dilakukan sebelum tim-tim yang lainnya terbentuk, adalah mendirikan Tim Media Center.

Tim Media Center, disebut Budi sebagai Tim Serangan Undara, sedangkan Tim Relawan dan Tim Partai Pendukung, disebut sebagai Tim Darat. Kombinasi dan kerjasama yang mantap untuk kedua tim ini akan menjadi senjata yang ampuh dalam memenanfkan Pilkada.

Budi menjelaskan tiga prinsip mendasar yang harus dipegang teguh oleh para praktisi media center agar kandidatnya sukses.

Prinsip Pertama, berita positif kandidat kita harus jauh lebih banyak daripada berita negatif terhadap kandidat kita.

Prinsip Kedua, berita positif kandidat kita harus jauh lebih banyak daripada berita positif terhadap kandidat lainnya.

Prinsip Ketiga, jangan biarkan berita negatif menyerang kandidat kita. Segera lakukan klarifikasi, jika perlu lakukan serangan balik melalui pihak ketiga.

“Perlu dipahami bahwa tugas Media Center yang utama adalah meningkatkan popularitas. Karena dari menabur benih popularitas lah maka kita akan memanen elektabilitas. Jika elektabilitasnya juara, maka potensi untuk meraih kesuksesan dalam suatu pilkada juga akan sangat besar,” katanya.

Menurut Budi, Tim Media Center yang efektif, mininal memiliki tiga sayap divisi utama di dalamnya. Pertama, sayap Media Relation, yang kedua, adalah sayap Media Sosial, dan yang ketiga, adalah sayap Marketing Communications.

“Kerjasama dan sinergi dari ketiga sayap Media Center ini akan membuat Tim Serangan Udara yang sangat kuat. Jika sudah menjadi paling kuat, maka Anda bisa menang,” kata Budi.

Jika Tim Sukses Anda ingin mengundang Budi Purnomo Karjodihardjo sebagai pembicara, silahkan menghubungi wa/sms : 08111157788. (vin)